Masuk SD Usia 7 Tahun Lebih

Assalamu'alaikum....

Mau cerita dikit ah... Malam-malam kepikiran galau nya memilih usia yang tepat untuk anak ke 2 kami Qonitah untuk masuk SD, sekarang sih dia masih usia 5 tahun. Kalau abang nya sudah di rencanakan masuk Sd usia 7 tahun lebih. Jiyaad lahir bulan April, jadi saat masuk SD usia nya 7 tahun lebih. Sekarang membicarakan Jiyaad dulu saja deh yah.

Jiyaad lagi ngepel teras

Jiyaad lahir tahun 2009 bulan April. Tahun 2015 ini dia lulus TK, saya dan abinya memasukan Jiyaad TK B saat usia 5 tahun. Setelah mendapat info sana-sini. Cari-cari info juga, tukar pendapat dll sbg. Kami memutuskan Jiyaad masuk SD usia 7 tahun, jadi pas 6 tahun. Dia libur sekolah, rencana sih insyaAllah mau dimasukin bimba AIUEO saja.
Kenapa kami merencakan pas usia 7 tahun? disaat teman-teman sebaya nya sudah masuk SD usia 6 tahun. Berdasarkan refenrensi yang saya baca. Usia yang ideal masuk SD tuh 7 tahun. lagi pula dari pemerintah juga memerintahkan usia 7 tahun masuk SD nya. Dari segi fisik maupun psikis sudah siap insyaAllah.
Sebenarnya Jiyaad tidak buruk-buruk banget kemampuan baca dan angka nya. Sudah bisa baca jam, lumayan mengenal huruf yang ada di buku AISM (Anak Islam Suka Membaca). Tapi ingatan dia belum terlalu kuat. Masih belum focus, menulis pun dia belum bisa. Kata guru nya di TK sih, Jiyaad sudah bisa baca tapi belum bisa menulis. Saya sendiri ngga terlampau ambil pusing sih waktu dia TK, Ngga ikut kursus-kursus calistung gitu. Dia masih doyan banget pecicilan kaya saya dulu kali yah hihihi...
Jadi ngga memungkinkan kalau saya masukin dia SD usia 6 tahun, egois nama nya..

Patokan sayan juga di dapat dari hadist ini nih :
"Perintahkanlah Anak-anak kalian untuk mengerjakan sholat ketika mereka berusia 7 tahun..." HR Abu Dawud'

Nah kegalauan melanda saya pas Qonita ini, apa dia masuk Paud kelas A atau B, sedangkan usia dia sudah 5 tahun. Masuk SD nya usia kapan? Kan katanya kalau anak perempuan itu lebih cepat matang ketimbang anak lelaki.. Bergumul lah saya dengan gejolak jiwa.... Dan, bismillah kembali ke niat awal.. SD 7 tahun.. Jangan mencla-mencle deh ahhh.... Berarti tahun ini dia masuk Paud kelas A aja yah, dia lahir bulan Juli tahun 2010.

Buat para orang tua, siapkan matang-matang rencana pendidikan buah hati, Karna pendidikan SD tuh lama 6 tahun, baca referensi tanya-tanya dan diskusi ke pakar parenting. Lihat kemampuan anak bukan hanya dari sebatas bisa Calistung saja.
Dan jangan lupa ajarkan dan didik anak kita "Buang Sampah di Tempat Sampah".
Seringkali saya lihat anak yang sudah sekolah tapi masih buang sampah sembarangan, padahal saya yakin mereka sudah bisa membaca, tapi entah aplikasi dilapangan mampu atau tidak.


Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
2 Agustus 2015 pukul 06.55 ×

Kegalauan Bunda hampir sama dgn yg sedang sy alami..
Tp bismillah..sedikit tekanan dari tetangga dan keluarga besar ttg anak kedua sy yg umur 4thn tp blm di bangku sekolahkan bukan alasan kuat unt merubah tekad masuk SD usia 7thn.. :*

Reply
avatar
admin
admin
22 Agustus 2015 pukul 07.27 ×

tetap semangat bun, pada tujuan awal kita .. SD 7th... SEmangat ^^/

Reply
avatar
Unknown
admin
12 Maret 2016 pukul 10.05 ×

Setuju bun. Biarkan masa bermain mereka berlimpah krn sd sekarang pelajarannya sudah berat

Reply
avatar
Ryndy
admin
18 April 2016 pukul 17.49 ×

Berarti tahun ini Jiyaad masuk sd ya Umm?

Reply
avatar
nuricca
admin
23 April 2016 pukul 08.49 ×

iya umm... sudah saya daftarkan jadi usia sd Jiyaad 7 th lebih ^_^

Reply
avatar

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Silahkan tinggalkan jejak teman-teman dengan cara berkomentar pada postingan ini.

-Berkomentaralah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
-Dilarang menyisipkan iklan, Sara dan sebagainya.

Terimakasih

NurIcca.net ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment